Kamis, 09 Agustus 2018

SUMBERDAYA MANUSIA

Pertanian Desa Modung
Sebagian masyarakat desa Modung memanfaatkan hasil dari sumber daya alam yang ada. Di bidang perkebunan, masyarakat bercocok tanam dengan menanam aneka tumbuhan seperti Jagung, kacang tanah, bulir dan beberapa jenis tumbuhan lainnya. Sering dijumpai, setiap pagi banyak warga desa Modung memulai aktifitas mereka di sawah seperti menyiram tumbuhan, memberikan pupuk, membersihkan rumput, atau hanya sekedar melihat dan memastikan tumbuhan mereka tumbuh dengan baik. Dan setelah musim panen tiba, warga desa Modung banyak yang menjual hasil tanaman mereka di pasar.

Sumber Daya manusia (SDM) di desa Modung sangat kurang karena dari tahun 1995 struktur Urbanisasi mencapai 80% yang kebanyakan merantau ke Jakarta.
Jadi, rata-rata penduduk desa Modung adalah orang-orang lansia (lanjut usia). Masyarakat di desa Modung kebanyakan setelah lulus SMA mereka tidak melanjutkan kuliah dan memilih untuk merantau dan bekerja.

Di bidang perairan banyak masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada di pantai dengan mencari kerang, biasanya masyarakat desa Modung banyak mencari kerang Lorjuk atau kerang bambu yang dimulai dari habis ashar sampai jam sebelas malam dengan alat bantu yang cukup sederhana yaitu dengan membawa cangkul, ember, tusuk bambu,kapur dan senter sebagai penerang di malam hari, mereka setiap harinya bisa mendapatkan lorjuk yang cukup melimpah sehingga di pagi harinya hasil yang telah di peroleh dijual ke pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar