Kamis, 02 Agustus 2018

SEJARAH DESA MODUNG

Gapura Selamat Datang

Disetiap daerah yang ada di Indonesia pasti mempunyai ciri khas dan karakteristik yang berbeda-beda, begitupun dengan sejarah. Di masing-masing wilayah atau desa mempunyai sejarah yang menceritakan asal-usul tempat tersebut begitupun dengan Desa Modung, Desa Modung merupakan salah satu desa di Kabupaten Bangkalan dengan kepemimpinan yang dilakukan secara turun temurun akan tetapi, setelah tahun 2010 sistem kepemimpinan mulai berubah.

Menurut cerita para leluhur, pada zaman dahulu nenek moyang Modung menyebrangi lautan dari pulau Jawa menuju Pulau Madura dengan menaiki ikan mondung (sejenis ikan hiu) asal kata nama Desa Modung bermula dari sebuah penemuan “Ikan Mondung” yang baru dan sangat unik, beritanya sangat cepat menyebar keseluruh pelosok desa baik dari masyarakat sekitar maupun dari masyarakat jauh, yang pada akhirnya karang yang baru ditemukan menjadi julukan daerah tersebut yaitu Modung.

Menurut sebagian sesepuh yang lain, didaerah itu sebelumnya ada dua kubu yang sama-sama kuat pengaruhnya, sehingga satusama lain tidak ada yang mengalah dalam pemberian nama desa tersebut. Namun pada akhirnya kedua kubu sepakat tetap memberi nama Modung.

Sebagian sesepuh lainnya mengatakan bahwa untuk menghormati ikan mondung, orang madura tidak boleh makan ikan sejenis mondung, mitosnya jika makan ikan sejenis mondung maka orang yang memakannya akan terkena penyakit kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar