Select Menu

Ads

RANDOM

POTENSI DESA

INFO DESA

ALBUM

KEGIATAN DESA

Racing

LIPUTAN DESA

Video Update

Video Update
» » » » POSYANDU

       Desa Modung adalah desa yang terletak di Bangkalan bagian timur. Desa Modung terdapat 5 dusun antara lain Brakas Laok, Buwek, Monjud, Pandekong, dan Modung Timur. Pada tahun 2017 kegiatan KKN kelompok 4 Universitas Trunojoyo Madura menempati Desa Modung dusun Brakas Laok. KKN kelompok 4 mengadakan beberapa kegiatan Program Kerja salah satunya yaitu kegiatan Posyandu. Posyandu adalah sistem pelayan yang dipadukan antara satu program dengan program lainnya yang merupakan forum komunikasi pelayanan terpadu dan dinamis seperti halnya program KB dengan kesehatan atau program lainnya yang berkaitan dengan kegiatan masyarakat. Pelayanan yang diberikan posyandu bersifat terpadu, hal ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat dapat memperoleh pelayanan lengkap pada waktu dan tempat yang sama.Posyandu bermanfaat bagi masyarakat namun keberadaannya kurang berjalan dengan baik. Kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam menunjang upaya mempertahankan dan meningkatkan gizi serta kesehatan ibu dan anak.       Pada tanggal 18 Januari sampai 19 Januari 2017 kegiatan Posyandu di bagi menjadi 2 (Dua) yaitu dilaksanakan di rumah warga yang terletak Modung Timur dengan jumlah peserta 5 bayi, 15 anak balita, dan di Brakas Laok dilaksanakan di rumah Kepala Desa dengan jumlah peserta 3 bayi, 5 anak balita dan .6 anak prasekolah.
Tujuan dari kegiatan posyandu antara lain :
       1.      Menurunkan angka kematian bayi, anak balita, dan angka kelahiran
       2.      Meningkatkan pelayanan kesehatan ibu untuk menurunkan IMR
       3.      Mempercepat penerimaan norma keluarga kecil sehatdan sejahtera
    4.      Meningkatkan kemampuan masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan kemampuan hidup sehat
       5.      Pendekatan dan pemerataan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam usaha meningkatkan cakupan penduduk
       6.      Peningkatan dan pembinaan peran serta masyarakat dalam rangka alih teknologi untuk swakelola usaha-usaha kesehatan masyarakat
Kegiatan posyandu antara lain :
       1.      Kesehatan ibu dan anak : pemeliharaan kesehatan ibu hamil, melahirkan dan menyusui, serta bayi, anak balita dan anak prasekolah,  memberikan nasehat tentang makanan guna mencegah gizi buruk, pemberian nasehat tentang perkembangan anak dan cara stimilasiny, penyuluhan kesehatan meliputi barbagai aspek dalam mencapai tujuan program KIA.
      2.      Keluarga berencana : pelayanan keluarga berencana kepada pasangan usia subur dengan perhatian khusus, cara – cara penggunaan pil, kondom dan sebagiannya.
       3.      Imunisasi : imunisasi tetanus toksoid 2 kali pada ibu hamil dan BCG, DPT 3x, polio 3x, dan campak 1x pada bayi.
       4.      Peningkatan gizi : memberikan gizi kepada masyarakat, memberikan makanan tambahan yang mengandung protein dan kalori kepada anak – anak dibawah umur 5 tahun dan kepada ibu yang menyusui,memberikan kapsul vitamin pada anak di bawah umur.
        5.      Penanggulangan diare
Sasaran dari kegiatan posyandu antara lain :
       1.      Bayi berusia kurang dari 1 tahun
       2.      Anak balita berusia 1 sampai 5 tahun
       3.      Ibu hamil
       4.      Ibu menyusui
       5.      Ibu nifas
       6.      Wanita usia subur
Syarat terbentuknya posyandu antara lan :
       1.      Pos penimbangan balita
       2.      Pos imunisasi
       3.      Pos keluarga berencana desa
       4.      Pos kesehatan
       5.      Pos lainnya yang dibentuk baru
Penyelenggaraan posyandu :
Pelaksanaan kegiatan adalah anggota masyarakat yang dilatih menjadi kader kesehatan setempat dibawah bimbingan puskesmas.
Alasan pendirian posyandu :
Posyandu dapat membrikan pelayanan khususnya dalam upaya pencegahan penyakit dan PPPK skligus dengan pelayanan KB, posyandu dari masyarakat untuk masyarakat dan oleh masyarakat, sehingga menimbulkan rasa memiliki masyarakat terhadap upaya dalam bidang kesehatan dan keluarga berencana.

About Desa modung

This blog is presented by KKN Trunojoyo University Madura who served in the village Modung.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply