Select Menu

Ads

RANDOM

POTENSI DESA

INFO DESA

ALBUM

KEGIATAN DESA

Racing

LIPUTAN DESA

Video Update

Video Update
» » » » Permainan beklen (bekel) anak-anak modung


Assalamualikum Wr. Wb.
      Salam Sejahtera untuk anda semua, pada kesempatan ini kami akan membahas kegiatan anak-anak di desa Modung. seperti halnya karakter anak usia dini,mereka masih suka bermain-main dan mencoba hal baru. kali ini kami akan emahas permainan beklen atau yang sering juga disebut permainn bekel. Permainan beklen atau bekel merupakan permainan adu ketangkasan antara dua atau empat orang anak perempuan. Dalam permainan bola bekel ini  membutuhkan beberapa alat seperti menggunakan bola dari karet maupun dari bahan yang bisa memantul bahkan terkadang menggunakan batu sekalipun yang berdiameter 3cm sampai 5cm,tambahan kecik(kawuk)yang dibutuhkan 6-10 biji.Permainan bekel ini ternyata masih dimainkan di daerah desa modung khususnya anak-anak perempuan yang masih berada di bangku SD maupun TK.

       Permainan bola bekel/beklen ini bisa dikatakan susah-susah gampang karena tergantung dari tingkat keterampilan,strategi dan juga tingkat kesabaran para pemainya.Jika kita terlalu tergesa-gesa terkadang malah kita akan salah langkah atau terkadang kecik(kewuk) malah jatuh dari tangan kita.Cara bermain bola bekel ini dimulai dengan mengengam biji bekel hanya dengan  menggunakan satu tangan beserta dengan bolanya.Setelah itu bola dilambungkan ke atas dan hanya boleh memantul satu kali saja. Saat bola dalam posisi tidak berada di tangan tersebutlah waktu dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk mengambil biji bekel.Dalam proses pengambilan atau pengaturan biji bekel, bola atau tangan tidak boleh menyentuh biji bekel yang lain. Juga dalam proses penangkapan bola bekel, tangan tidak boleh menyentuh anggota tubuh yang lain dalam usaha agar biji bekel yang dalam genggaman tidak jatuh.Tapi jika kita selalu bermain kemungkinan kita bisa ahli memainkanya.
          Disamping itu permainan beklen ini sudah jarang dimainkan di jaman modern ini karena sudah tergeser dengan adanya HP android dan permainan di dalamya,sehingga perlu adanya tindakan lebih lanjut untuk permainan anak-anak saat ini.Padahal dengan adanya permainan ini dapat membantu :
1. melatih koordinasi visual-motorik.
2.melatih meningkatkan konsentrasi.
3.meningkatkan kemampuan kontrol gerakan jari-jari dan tangan.
4.Kemampuan mempertahankan posisi tubuh.
Jadi kenapa kita tidak melestarikan permainan tradisional padahal jika di teliti lebih lanjut dengan adanya permainan tradisonal ini dapat membantu pertumbahan anak-anak dibandingkan dengan dengan permaian online ataupun android.

About Desa modung

This blog is presented by KKN Trunojoyo University Madura who served in the village Modung.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar

Leave a Reply